Senin, 30 April 2012

Hemat energy itu gampang kok!


Kalau mengira hemat enegri itu harus rubet dan banyak yang harus dilakukan, pikir lagi. Banyak kok cara mudah dan sederhana yang dapat kita lakukan sehari-hari.

Simak deh langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk menghemat penggunan energy rumah.

·         Biasakan bersihkan saringan udara yang terdapatdi beragai perlengkapan rumah tangga, seperti AC dan vacuum cleaner, setiap dua atau tiga bulan sekali. Saluran dara yang kotor akan semakin meningkatkan penggunaaan energy selama perlengkapan tersebut dinyalakan.

·         Pastikan setiap kali kita menutup kulkas, pintu tertutup rapat. Pintu kulkas yang terbuka akan semakin menyerap pengunaan energy karena kulkas perlu energy lebih untuk bias tetap berkerja.

·         Ketikan akan mengunakan mesin cuc, pastikan kapasitas tabung yang digunakan sudah penuh baru kita mulai mencuci. Tabung yang berisi sedikit baju memerluka energy yang sama dengan tabung yang penuh. Untuk menjemur mengunakan juga jemuran tradisional daripada jemuran fitur fitur pengering di mesin cuci karena jauh lebih hemat energy.

·         Cabut selalu colokan-colokan yang sedang tidak kita gunakan, termasuk juga charger ponsel. Membiarkan kabel dalam keadaan terpasang, tetap menghabiskan energy. Supaya mempermudah,kita bias mengunakan colokan dengan tombol berwarna yang tingal di pencet menghentikan aliran istrik ke kabel.

·         Pastikan kita menggunakan fitur sleep mode atau hibernate pada perangkat computer. Jadi, ketika sedang tidak digunakan, tidak ada energy listrik yang terbuang sia-sia. Kita biasa menghemat energy hingga 15% dengan melakukan hal ini.

·         Menganti semua bola lampu biasa dengan lampu CFL yang hemat energy. Mereka mengunakan dua pretiga energydari bohlam tradisional dan bertahamsampai 10 kali lebih lama.

·         Jangan lupa mengunakan tutup panci ketika kita sedang merebus masakan. Tutup panci sangat membantu terbuangnya banyak energy panas secara sia-sia.
(sumber: Rebuplika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar