Senin, 03 Desember 2012

Ini Dia Tips Jokowi Berantas Korupsi


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korupsi terus menjadi persoalan yang tak kunjung tuntas di Indonesia. Menurut Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, korupsi harus diberantas dari hal-hal kecil lebih dulu.

Jokowi mengatakan, pemberantasan korupsi juga harus bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Ia mencontohkan, pemberantasan korupsi bisa dimulai dari menghapuskan pungutan liar dalam pembuatan KTP dan sebagainya. "Dimulai dari urusasn-urusan kecil lah. Mulai dari urus KTP enggak ada pungutan," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Selasa (27/11).

Ia menjelaskan, untuk memberantas pungli dalam pengurusan KTP, sistemnya harus diperbaiki. Menurut dia, penyelewengan yang terjadi diakibatkan sistem dan birokrasi yang tidak efisien. "Sistemnya perlu dipercepat dalam pengurusan izin. Jika sudah, maka akan terkurangi sendiri pungutan liarnya," papar Jokowi.

Hari ini Jokowi menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia mengatakan, kedatangannya ke KPK untuk menjalin kemitraan dengan lembaga superbodi itu dalam pembangunan sistem pengawasan yang lebih baik. (sumber : http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/12/11/27/me4xck-ini-dia-tips-jokowi-berantas-korupsi )

Analisis :

Sudah banyak sekali ucapan para penjabat yang menyatakan "Pemberantasan Korupsi", dari hal-hal yang terkecil sampai hal-hal yang besar sudah di lakukan oleh pemerintah.
Yang jadi pertanyaan dalam diri saya adalah, "Sudahkah hal tersebut di lakukan semaksimal mungkin (tidak ada yang di tutup-tutupi) oleh pemerintah?".
Mungkin setiap hal yang di lakukan oleh pemerintah akan berdampak positif maupun negatif, tapi kalau bukan dari sekarang kapan lagi pemerihtah akan memberantas korupsi.
Salah satu dosen saya pun berpendapat, "Kenapa korupsi ini tidak di masukan ke dalam mata kuliah?". Mungkin ini nantinya akan menjadi pembahasan yang menarik bagi para mahasiswa agar bisa mengetahui kenapa bisa terjadi korupsi secara terus menerus dari generasi ke generasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar