Minggu, 11 November 2012

Menkop dan UKM Dorong Pemanfaatan Internet


JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan mendorong pemanfaatan internet karena akan berdampak pada perluasan inklusi keuangan dan gerakan kewirausahaan ekonomi kecil di Tanah Air.

"Ini dampaknya besar sekali. Apalagi bila program perluasan infrastruktur telekomunikasi pemerintah dan swasta berjalan lancar sampai ke desa-desa," kata Menkop dan UKM dalam siaran persnya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, saat ini masyarakat yang terjangkau layanan perbankan memang masih sangat kecil yakni baru 20% dari total populasi, sementara sisanya belum mengenal layanan perbankan.

"Baru sekitar 64 juta yang punya rekening bank. Ini peluang usaha bagi perbankan tapi juga tantangan bagi pemerintah dan swasta. Namun dengan penetrasi internet yang semakin kuat, kita optimistis akan meningkatkan financial inclusion utamanya keuangan mikro," kata Syarief.

Penetrasi internet itu, lanjut dia, juga akan mendorong gerakan kewirausahaan di masyarakat karena akan semakin banyak warga masyarakat yang terlayani perbankan atau lembaga keuangan melalui internet dan jaringan mobile banking.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari mengatakan, potensi keuangan mikro ke depan sangat besar dalam mendorong produk domestik bruto (PDB).

"Pada 2011, PDB kita mencapai US$845,70 miliar. Salah satu kontributor signifikan adalah dari pembiayaan mikro," kata Choirul.

Menurut dia, penetrasi keuangan mikro melalui unit kerja atau kantor, utamanya perbankan, memang terus bertambah yakni sekitar 15.000 unit hingga pertengahan 2012. Namun peningkatan unit kerja ini tidak cukup untuk melayani keuangan mikro bagi 240 juta penduduk Indonesia.

"Sebab itu, kita harapkan teknologi elektronik perbankan (e-banking), internet banking, bahkan mobile banking ini terus ditingkatkan. Supaya ini tidak sekadar jadi gaya hidup kelas menengah," katanya. (gor/ant) (sumber: http://www.investor.co.id/home/menkop-dan-ukm-dorong-pemanfaatan-internet/46893


Analisis:
Alasan Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan mendorong pemanfaatan internet karena akan berdampak pada perluasan inklusi keuangan dan gerakan kewirausahaan ekonomi kecil di Tanah Air

Saat ini masyarakat yang terjangkau layanan perbankan memang masih sangat kecil yakni baru 20% dari total populasi, sementara sisanya belum mengenal layanan perbankan.

Menurut saya Internet ini sangat membantu bagi para usaha-usaha yang berada di pedesaan untuk memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas lagi, seperti perkotaan ataupun ke mancanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar