Kamis, 21 Juli 2011

MUDA, SUKSES, JUARA

Formula Ampuh :
SMART 


Bila itu brtjudul winning with passion. Bersama Ervin G Priambodo, Jimmy Gani mennuturkan kisahnya sebagai juara. Buku ini berisi enam cetak biru pribadi kaya dan sukses. Di mata Jimmy, hidup dengan semangat positif perlu digalakkan. Semangat itu merupakan modal berharga dalam mencapai kesuksesan.
            Lewat bukunya, Jimmy memaparkan metode mengelola sumber daya diri dengana penuuh semangat dan gairah. Keenam langkah itu harus diikuti dengan prinsip niat, doa, ikhtiar, pasrah, syukur, dan ikhlas. Jika prinsip-prinsip tersebut telah diterapkan, apa pun hasil dari usaha yang dijalani, Jimmy yakin pelakunya mampu menyikapinya bak seorang pemenang sejati.
  • v  Otak Juara
Musuh terbesar seseorang untuk menjadi juara adalah pribadi itu sendiri. Setiap orang punya pilihan untuk keluar sebagai pemenang atau pecundang. Jimmy menulis, Sang Pencipta telah menjanjikan rezeki untuk semua hamba-Nya tanpa memandang siapa dia. Artinya, menjadi juara bukan takdir bagi seseorang atau kelompok tertentu saja. Menjadi pemenang adalah pilihan.
Jimmy mengajak setiap orang yang mau menang harus berprasangka baik terhadap Tuhan. “Bahwa dalam usaha dan doa manusia, akan ia kabulkan setelah manusia itu memberi yang terbaik dalam usaha yang dilakukan,”  kata Jimmy.
  • v  Perilaku Juara
Jimmy berkesimpulan, untuk menjadi juara dibutuhkan prilaku yang baik dalam bentuk kejujuran, keunggulan, amanah, berani mengambil risiko, rendah hati, dan bersikap adil.
Seperti pepatah, dalam mencapai tujuan juga banyak jalan menuju Roma. Semua jalan yang akan dilewati memiliki makna masing-masing. Jalan mana yang hendak dipilih akan memberi konsekuensi yang berbeda pula.
  • v  Mengubah Prilaku Agar Juara
Siapa yang ingin kaya, sukses, dan jadi pemenang? Jawabannya, sudah tentu semua orang menginginkannya. Lalu, bagaimana itu semua bisa diperoleh, itu yang menjadi pertanyaan banyak orang.
Jimmy berujar, untuk mencapainya, seseorang harus memiliki sikap pemenang dan sikap sukses. Katakan pada diri sendiri, jangan pernah menyerah. “Semua itu adalah bentuk sikap pantang menyerah dalam diri seseorang untuk terus berusaha maju ke depan dan mencari solusi di setiap permasalahan yang dihadapi,” tutur dia.
Seorang pemenang harus mampu melihat, mengamati, dan terlibat aktif dalam sebuah perubahan dari sudut pandang seorang juara. Miliki sikap orang sukses. Artinya, siapkan diri melakukan perubahan perilaku menjadi juara dan pribadi yang berhasil.
  • v  Mental Juara
Selalu ada tantangan dalam setiap perjuangan. Perjuangan terberat adalah melawan diri sendiri. “Mengalahkan rasa malas, takut, sombong, tabur, dan sifat negatif lainnya,” kata Jimmy.
Inilah cobaan terhadap diri. Seorang pemenang harus selalu bertarung dengan mentalnya sendiri yang kadang melemahkan dan memperdaya. Jimmy berujar, agar keluar sebagai pemengan, nyalakan api kehidupan. Kemudian, miliki pendirian teguh dan berkaryalah.
  • v  Jalan Juara
Bagi Jimmy, manusia hanya berencana. Keputusan akhirnya ada ditangan Tuhan. Karena itu, setelah usaha, terapkan prinsip niat, doa, ikhtiar, pasrah, syukur, dan ikhlas. Ketika usaha dikerjakan dan prinsip-prinsip itu sudah pula dijalankan, Jimmy yakin, manusia akan mencapai tujuan yang jauh lebih besar dari yang telah direncanakannya.
  • v  Sistem Juara
Tidak ada orang yang langsung sukses. Memiliki sistem yang menentukan kesuksesan dipandang Jimmy penting. Bak komputer, sistem di dalamnya dirancang untuk memudahkan penggunanya menggunakan komputer.
Terapakan sistem yang diberi nama SMART oleh Jimmy untuk menjadi juara. “Be specific, measurable, agreeable, realistic, and traceable,” kata dia dalammenentukan impian menuju keberhasilan. (sumber: REPUBLIKA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar